Dampak Positif Keberadaan Mahasiswa Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) di Pedesaan


Setelah dua bulan lamanya offline tanpa postingan akhirnya sekarang bisa melanjutkan aktivitas blogging, hehe....
Selama kurang lebih dua bulan ini saya bersama teman-teman melaksanakan kegiatan Kukerta (Kuliah Kerja Nyata sebagai upaya 1). Menjadikan PT sebagai pusat pemeliharaan dan pengembangan ilmu pengetahuan; 2). Mendidik mahasiswa berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap masa depan bangsa dan negara Indonesia;
3). Menggiatkan mahasiswa sehingga bermanfaat bagi usaha pembangunan nasional dan daerah.
Dan Alhamdulillah saat ini saya bersama teman-teman telah menyelesaikannya. Banyak sekali hikmah yang dapat kami petik dari kegiatan ini. Melihat betapa eratnya tali persaudaraan masyarakat pedesaan yang ditunjukkan dengan kegiatan rutinitas gotong royong seperti pembersihan tempat pemakaman umum, permbersihan siring jalan, pembersihan balai desa, pengajian/arisan ibu-ibu, dan berbagai aktivitas lainnya.
Saya bersama teman-teman yang berjumlah 7 orang terjun secara langsung berbaur dengan masyarakat setempat. Desa yang kami tempati dalam kegiatan ini adalah desa Marga Jaya Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Desa ini merupakan daerah pemekaran yang mana dulunya kawasan tranmigran dengan penduduk asli lokal suku rejang, namun saat ini didominasi oleh suku jawa ±60% dan berbagai suku seperti manna, serawai, batak, padang, dan lain sebagainya. Dengan data jumlah penduduk akhir tahun 2011 ±296 KK.
Dalam menjalankan kegiatan Kukerta disini kami bekerja sama dengan warga setempat, salah satu program yang telah kami laksanakan adalah khususnya dibidang saya yaitu Penyuluhan Peternakan. selain itu masih banyak progra-program kegiatan yang telah kami laksanakan seperti Pembuatan nomor rumah, renovasi balai desa, kegiatan belajar mengajar di sekolah, pembuatan plakat perangkat desa, pembuatan kebun koleksi TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan berbagai kegiatan lainnya termasuk juga kegiatan HUT-RI serta kegiatan di bulan Ramadhan. Intinya keberadaan kami disini adalah mengayomi masyarakat untuk memberikan beberapa pengalaman dan pengetahuan positif serta saling bekerja sama dalam membimbing kami untuk dapat terjun secara langsung kehadapan masyarakat yang mungkin di kawasan perkotaan belum kami dapatkan begitu pula sebaliknya.



11 komentar:

  1. jadi ingat masa2 kkn ku di tahun 2006 dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe....seru kan mbak
      Banyak hikmah yang bisa diambil dari kegiatan tersebut

      Hapus
  2. nice blog checkout my blog at

    http://www.onjokes.blogspot.com

    feel free to leave a comment

    BalasHapus
  3. great blog check mine out on

    http://www.definingwords.blogspot.com

    do leave a comment for me

    BalasHapus
  4. sekedar mampir untuk meramaikan :D


    #Salam Sehat Selalu

    BalasHapus
  5. artikel yg patut diacungi banyak jempol serta tampilan blog yg sangat serasi dengan tampilan artikel, sungguh membuat pengunjung betah berlama lama disini dan tak heran juga blog ini selalu dibanjiri banyak pengunjung...


    #Salam Sehat Selalu

    oh iya sob, jangan lupa follow balik ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah....saya ini pemula mas, hehehe
      makasih uda mampir. komiknya uda tak baca ^_^

      Hapus

Berikan komentar yang sopan yah, hehehe.... ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...