Kemah Bakti Sosial (KBS)

Kemah Bakti Sosial yang populer disebut dengan KBS adalah suatu bentuk kegiatan sosial (salam sapa, tata krama, bertamu, bermasyarakat) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja mahasiswa dalam bersosialisasi dengan masyarakat didasari bekal ilmu yang telah diterapkan di dalam perkuliahan. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk membentuk sikap mental mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang siap terjun ke lapangan serta dapat bekerja sama dalam komunitas/kelompok/organisasi suatu saat nanti.
Kegiatan ini biasanya dilaksanakan di kawasan pedesaan yang mana masih minimnya akan pengetahuan umum khususnya pendidikan, diiharapkan dengan adanya kegiatan KBS ini akan memberikan sedikit pengetahuan tambahan terhadap masyarakat sekitar lingkungan KBS yang dituju.
Salah satu bentuk kegiatan ini khususnya yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Peternakan ialah memberikan beberapa himbauan, ajakan, dan informasi tambahan pada masyarakat sekitar yang umumnya beternak. Bentuk himbauannya seperti bahaya akan suatu penyakit, misalnya penyakit virus rabies. Kebanyakan masyarakat memelihara anjing dengan tujuan untuk dijadikan sebagai penjaga rumah, kebun, berburu namun tidak memperhatikan aspek kesehatannya. Maka disinilah peran mahasiswa khususnya mahasiswa Program Studi Peternakan dalam melaksanakan kegiatan KBS-nya untuk memberikan himbauan-himbaun yang terkait akan hal tersebut. Dan contoh bentuk kegiatan lainnya adalah memberikan informasi tambahan terhadap limbah-limbah hasil pertanian agar dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak, misalnya memanfaatkan bungkil biji kopi, daun-daunan, dan lain sebagainya yang mana ketersediaannya ada banyak namun belum dimanfaatkan. Dengan adanya kegiatan ini sangat menguntungkan antara kedua belah pihak, yaitu mahasiswa dan masyarakat. Mahasiswa mendapatkan pengalaman bersosialisasi sedangkan masyarakat sekitar mendapatkan informasi pengetahuan tambahan serta membentuk silatuhrahmi sesamanya.

10 komentar:

  1. Hehehe....iya sob, makasih uda mampir ^_^

    BalasHapus
  2. tapi tidak bisa di pungkiri bahwa skrng ini banyak juga yang memanfaatkan KBS itu untuk memperlonco adik adik senior nya,,, walau di lakukan oleh kk senior yg tidak bertanggung jawab,.
    > gimanna aa' menanggapinya ,, ? terimaksh ":)

    BalasHapus
  3. Ummmm...iya juga sih, namun itu tidak semua terjadi. Intinya adalah kebersamaan. Makasih yah mbak uda mampir kesini ^_^
    hehehe

    BalasHapus
  4. Mampir nih bang. Jangan lupa mampir juga ya gan. And jangan lupa follow ya...

    BalasHapus
  5. dah lam enggak kemah lagi,,

    senang bisa berkunjung ke blog in
    Kunjungi juga Ke Blog Gua ya

    BalasHapus
  6. @тнє шαяcяανт gαgєяs : Oke sob....follow sukses ^_^

    BalasHapus
  7. @Adang N M I :Hatur nuhun kang....makasih uda mampir kesini ^_^

    BalasHapus
  8. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus

Berikan komentar yang sopan yah, hehehe.... ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...