Membuat Daftar Isi Otomatis


Membuat daftar isi biasanya dilakukan dengan mengatur tabs atau yang paling biasa dilakukan orang awam adalah mengetik tanda titik sepanjang mungkin hingga nomor halaman. Pengaturan ini selain tidak efesien membuat hasil yang tidak enak di pandang mata. Hehe…
Hmmm……sedikit berbagi, ada cara instan untuk membuat daftar isi secara otomatis.
Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan fungsi Table of Contens dan Heading pada Microsoft Office 2007/2010. Menu ini biasanya disepelehkan oleh kita, tetapi fungsinya super canggih loh….
Langsung saja kita praktekkan. SEMANGAT!!!


Misalnya pada halaman pertama kita buat KATA PENGANTAR, halaman kedua DAFTAR ISI, halaman ketiga PENDAHULUAN. Pada gambar dibawah ini mula-mula halaman KATA PENGANTAR DIBUAT seperti biasa, lalu KATA PENGANTAR tersebut kita blok dan menuju ke menu HEADING, pilihlah Heading 1 (untuk mengganti font/warna font klik kanan heading tersebut dan lakukanlah pengaturan font yang diinginkan).
Pada halaman berikutnya yaitu DAFTAR ISI barulah kita menggunakan tool Table of Contens, tool ini akan berfungsi seiring dengan halaman yang kita Heading. Untuk membuat daftar isi secara otomatis kita klik Table of contens tersebut, lalu pilih yang Automatic table – 1 































Untuk selanjutnya pada halaman PENDAHULUAN kita beri Heading 1 juga, apabila pada halaman PENDAHULUAN ini ada sub BAB seperti Latar Belakang, Tujuan, dan sebagainya jangan menggunakan Heading 1 lagi, gunakan Heading 2 agar nanti pada daftar isinya tertata rapi per-sub Bab.
Setelah semua judul halaman di heading, balik lagi ke halaman DAFTAR ISI, disana terlihat daftar isinya masih seperti semula, untuk memasukkan halaman judul yang kita heading tadi langsung saja update tablenya, sebelum update table ini pilih pilihan update entire table lalu oke. 


Dan kita lihat hasilnya…
Taaaaaraaaaaaa……………!!!






Gampang bukan, hehehe…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang sopan yah, hehehe.... ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...