Beberapa Istilah IT (Informasi Teknologi) Lengkap



AbiWord
Aplikasi GNOME Office untuk mengolah kata (word processing). AbiWord tergolong dalam salah satu perangkat lunak open source yang dilisensi dengan GNU/GPL (General Public License). Karena bisa digunakan sebebas-bebasnya termasuk juga melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.

abort
Perintah untuk membatalkan jalannya suatu program secara paksa dan mengembalikan ke sistem operasi.

access
Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive.

accessibillity
Cara mengeset tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi Windows.

Access Method
Perangkat lunak yang mengontrol pemindahan data antara penyimpan utama dan peralatan input dan output dalam sebuah sistem.

ACL (access control unit)
Metode untuk membatasi penggunaan layanan secara selektif yaitu dengan membuat daftar layanan mana yang boleh diakses maupun yang tidak oleh host tertentu.

ACPI (advanced configuration power interface)
Sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi. ACPI adalah interface dan ditujukan untuk perangkat lunak dan perangkat keras.

Sistem operasi yang mampu melakukan konfigurasi dan power management terhadap sistem, sering disebut dengan Operating System-directed configuration and Power Management (OSPM). ACPI bersama OSPM ini melakukan power management dengan konsep bahwa suatu sistem akan menghemat energi dengan mengubah suatu peralatan yang sedang tidak digunakan oleh sistem ke kondisi yang menggunakan sedikit daya (lowed power state). Konsep ini juga berlaku untuk keseluruhan sistem, membuat keseluruhan sistem berada pada kondisi yang menggunakan sedikit daya (sleeping state). Beberapa sleeping state yang tersedia antara lain:
·         S1 Sleeping State
Sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah. Pada S1 sleeping state tidak ada system context yang hilang, tidak pada prosesor maupun chipset.
·         S2 Sleeping Stat
Sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah seperti halnya S1 sleeping state, hanya saja pada S2 sleeping state ini prosesor context dan system cache context menjadi hilang. Sistem operasi yang akan bertanggung jawab mempertahankan context dari prosesor dan cache tersebut.
·         S3 Sleeping State
Sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah juga, namun semua system context kecuali pada memori utama akan hilang. S3 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to RAM.
·         S4 Sleeping State
Sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang tinggi (tertinggi yang didukung oleh ACPI) dan memiliki tingkat penggunaan daya yang paling rendah (terendah yang didukung oleh ACPI). Pada S4 sleeping state ini dianggap semua hardware dimatikan, hanya saja context-nya tetap dipertahankan. S4 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to disk.
·         S5 Sleeping State
S5 Sleeping state atau S5 soft off ini memiliki kesamaan dengan S4 sleeping state, hanya saja sistem operasi tidak menyimpan context apapun.

ActiveX
Lingkungan pemrograman yang dilakukan oleh Microsoft untuk menciptakan sistem yang aktif pada halaman web, yang juga mendukung Java, JavaScript, Visual Basic dan bahasa-bahasa pemrograman lain yang semuannya itu terbatas dan hanya dapat digunakan pada Internet Explorer.


ADC (analog/digital converter)
Alat yang dipakai untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Add-In
1.     Peralatan tambahan yang dipasangkan pada salah satu board yang tersedia.
2.     Program-program pendukung yang ditambahkan pada sebuah program aplikasi.

ADSL (asymmetric digital subscriber lines)
Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan discrete multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi. Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti video.

ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.

AGP (accelerated graphics port)
Sebuah bus grafik berkecepatan tinggi yang secara langsung menghubungkan kartu grafis dengan memori utama. AGP beroperasi independen dan terpisah dengan PCI bus, umumnya berjalan pada 66MHz, yaitu dua kali kecepatan PCI yang berjalan pada 33MHz. AGP 1x melakukan satu kali transfer per siklus kerja untuk melakukan transfer data maksimum 266 MB per detik. AGP 2x melakukan dua kali transfer data per satu siklus kerja yaitu 533 MB per detik sedangkan AGP 4x melakukan empat kali transfer per satu siklus kerja yaitu 1,06 GB per detik. Sedangkan kecepatan transfer data maksimum pada PCI sendiri adalah 132 MB per detik.


ALU (arithmetic and logical unit)
Bagian dari CPU yang berguna untuk memproses data secara logika dan juga data-data yang memerlukan perhitungan. ALU terdiri dari beberapa register untuk menyimpan informasi.


anchor
Area berupa node-node di antara konten yang merupakan source atau tujuan dari sebuah link. Dengan meng-klik mouse pada anchor area maka pada window akan terbuka link atau source yang dituju. Jadi, anchor area merupakan semacam highlight. Anchor area dikenal pula sebagai span, region, button, atau extent. Anchor juga berguna agar teks dan grafik dapat di-link pada suatu tempat dalam satu dokumen yang sama. Link membutuhkan 2 bagian, yaitu anchor, yang bertujuan untuk menandai suatu teks/grafik, dan link, bertujuan untuk mengantar ke tempat yang telah di tandai.

and

application
Software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu. Misalnya Ms-Word, Ms-Excel.

application layers
Lapisan paling atas dari protokol model OSI (open system interconnections). Tugasnya mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan pertukaran data/informasi antara pemakai, software aplikasi, maupun peralatan dalam sebuah sistem.

application program
Program komputer yang dibuat untuk mengerjakan atau menyelesaikan masalah-masalah khusus, misalnya program penggajian.

application interface
Sekumpulan software yang memungkinkan programmer untuk memasuki suatu sistem dan memakai layanan yang disediakan di dalam suatu jaringan.

application development language
Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk membangun sebuah aplikasi dengan cara yang lebih mudah.

application package
Paket aplikasi lengkap, terdiri dari program tertentu yang dimasukkan di dalam memori komputer berikut perangkat keras pendukung yang dibutuhkan (termasuk I/O device).

application oriented language
Bahasa pemrograman yang secara khusus dikembangkan untuk memiliki kemampuan mengubah masalah pemrosesan kompleks menjadi cara yang lebih simple. Dengan menggunakan bahasa ini, programmer tidak perlu lagi menyusun kode untuk melakukan perhitungan-perhitungan yang sulit.

Arbiter
Unit komputer yang bertugas menentukan prioritas beberapa alat input yang semuanya terhubung ke sebuah unit fungsi penyimpan atau fungsi lainnya.

arcade
Game di komputer yang sederhana dan berbentuk dua dimensi, misalnya Packman.

archie
Service network yang digunakan untuk menempatkan file yang dapat diakses secara umum melalui FTP anonymous.

architecture
Rancangan dari penyusunan komponen di dalam komputer.

archive
Dipakai untuk membuat salinan dari sebuah file backup dengan tujuan melindungi salinan asli dari kerusakan.


attachment
Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file atau gambar yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.


attributes
Data yang memuat informasi tentang suatu variabel atau file. Pada jaringan komputer berarti teknik menjelaskan akses dan property file atau direktori dalam sistem penyimpanan.

background
Warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang pada halaman web/situs.

backup
Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.

backus normal form (BNF)
Sebuah notasi resmi yang digunakan untuk mendefinisikan syntax dari suatu bahasa komputer.

backward supervision
Pengawasan sinyal dalam transmisi data yang dikirimkan dari sebuah terminal pembantu ke terminal induk.

bandwith
Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit/second atau hertz. Jika dituliskan dalam hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit/second. Sebagai contoh bila dituliskan dalam bit/second adalah 64 Kbps, artinya adalah 64 kilobit per detiknya atau 8 kilobytes per detiknya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan Internet yang digunakan.
Catatan: 1 Bytes = 8 bit


banner
Bagian yang tidak bergerak dalam dokumen Web sekalipun kita menggulung scrollbar sampai ke akhir dokumen. Sekarang ini hanya Internet Explorer yang mendukung perintah banner.

bar code
Karakter numerik yang ditampilkan dalam bentuk balok-balok dengan bermacam-macam ketebalan.

Bar Code Scanner
base
Dasar dari sistem angka, merupakan jumlah angka yang dapat ditampilkan di dalam suatu sistem. Misalnya dasar dari sistem desimal adalah sepuluh, dasar dari sistem biner adalah dua, dasar dari sistem oktal adalah delapan, dasar dari sistem heksadesimal adalah enambelas, dan seterusnya.

base band
Semacam kanal yang menggunakan jalur komunikasi yang hanya membawa satu sinyal dalam satu waktu. Misalnya penggunaan jalur telepon sebagai sarana pengirim data antar komputer yang terletak saling berjauhan.

batch
Sejumlah record atau data yang digabungkan dan diproses sedemikian rupa menjadi satu kesatuan.

batch file
Merupakan file-file batch dengan akhiran .BAT yang dapat dipanggil melalui DOS seperti halnya file berekstensi .EXE atau .COM.

batch processing
Proses pengolahan data dengan cara menumpuk pekerjaan dan nantinya akan dikerjakan sekaligus. Batch processing merupakan cara terbaik untuk memanfaatkan waktu komputer. Namun untuk mengembangkan program komputer, cara batch sangat tidak efisien.

batch total
Jumlah keseluruhan dari suatu besaran dalam sebuah batch. Batch Total digunakan untuk menentukan ketepatan suatu operasi batch.

Baterai CMOS
Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply.

bluetooth
Teknologi yang diciptakan untuk koneksi wireless jarak dekat (radius 10 meter). Teknologi ini menggunakan chip transceiver yang dirangkai pada mobile computer, telepon, dan peralatan portabel lainnya. Bluetooth menyediakan tiga voice dan kanal data melalui sebuah koneksi one-to-one dengan enkripsi built-in dan verifikasi.

bookmark
1.     Dalam lingkungan Windows berarti memberi tanda pada hal tertentu untuk memudahkan saat pencarian.
2.     Suatu catatan elektronik di dalam browser yang berisi alamat-alamat ke tempat yang kita senangi di Internet.

boot
Kegiatan menghidupkan komputer dengan bootstrap loader.

boot ROM
Sebuah chip memori Read Only yang memungkinkan workstation berkomunikasi dengan file server dan membaca program dari server. Workstation ini kemudian dapat bekerja dalam jaringan tanpa perlu memasang sebuah disk drive.

break
Perintah untuk menghentikan jalannya program. Biasanya perintah ini dilakukan dengan menekan tombol CTRL+C.

break point
Beberapa komputer memiliki sebuah sakelar yang akan membuat komputer akan berhenti di titik tertentu dalam program, sehingga operator dapat memeriksa jalannya program; atau dapat juga dengan jalan meletakkan perintah stop dalam program. Perintah ini dapat dihapus apabila program telah berjalan dengan baik.

buffer
Tempat penyimpanan data sementara. Hal ini sering digunakan ketika transmisi data harus mengambil tempat pada kecepatan yang berbeda. Buffer mengakumulasi data dari peralatan berkecepatan rendah. Pada hardware, buffer adalah alat yang meluaskan sinyal, memperbesar kemampuan drive.

Bridge
Perangkat yang menghubungkan jaringan secara fisik dengan cara menggandeng dua buah LAN yang menggunakan protokol sejenis. Bridge yang mempunyai kemampuan untuk mengawasi lalu lintas data sehingga dapat memberikan informasi tentang volume lalu lintas dan kesalahan jaringan.


brightnes
Tombol pada monitor komputer yang berfungsi untuk mengatur terang atau gelap cahaya pada layar.

Broad Band
Pada lingkungan LAN, alat ini menghubungkan komputer dengan sebuah kabel yang mampu membawa banyak sinyal dalam satu waktu; bahkan mampu membawa sinyal audio dan video.

Broadband ISDN
Bentuk broad band dengan layanan terpadu, dengan kecepatan tinggi dan menggunakan serat optik sebagai media transmisi.

broadband
Koneksi yang sanggup menyediakan kecepatan (bandwith) yang melebihi 200 Kbps sampai pada satu mil terakhir jaringan koneksi, baik dari provider ke konsumen (downstream) atau dari konsumen ke provider (upstream). (Komisi Komunikasi Pemerintah Federal AS).

broadcast
Pengiriman pesan ke seluruh titik dalam suatu jaringan.

browse
Perintah dalam lingkungan Windows untuk menampilkan isi disk.

browser
Program aplikasi yang digunakan untuk browsing.

browsing
Aktivitas penjelajahan beberapa situs di Internet.

bug
Kesalahan dalam program yang mengakibatkan jalannya program menjadi kurang baik.

build
Perintah dalam bahasa pemrograman untuk menjalankan kembali program yang dibuat dari awal.

built-in
Istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang/menyatu di dalam perangkat lain.

built-in check
Hardware yang lebih mendahulukan mengatur ketepatan data daripada memindah atau menyimpan data ke dalam sistem.

built-in procedure
Prosedur yang disediakan untuk pernyataan sederhana yang dibuat pada bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi.

bullet
Istilah di lingkungan pengolah kata yang menyatakan penomoran beberapa baris naskah menggunakan lambing/simbol berukuran kecil.

byte
Informasi dengan panjang 8 bit.

byte mode
Model pengiriman data yang dilakukan dengan cara mentransfernya byte demi byte.

cabinet file
Sebuah format file dari Microsoft yang dipakai untuk menempatkan file-file kompresan pada distribution disk. Untuk melepaskan kompres dari file, dipergunakan program Windows 95/98 Extract yang dijalankan pada perintah baris DOS.

cabling system
Sistem pembagian kabel bagi seluruh unit dalam jaringan yang akan menghubungkan secara fisik semua stasiun dengan jaringan data LAN.

cache
Berasal dari kata cash, dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data baik secara sementara maupun permanen.

cache folder
Disebut juga Temporary Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah didownload dari Internet oleh program webbrowser, untuk selanjutnya ditampilkan ke user. Hal ini untuk mempercepat webbrowser menampilkan webpages dari website tersebut.

cache memory
Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memori utama yang lamban.

Salah satu distro Linux, Caldera memaketkan produknya dalam 3 kategori : OpenLinux Lite, OpenLinux Base, dan OpenLinux Standard. Produk pertama merupakan versi evaluasi 90 hari. Produk kedua berisi semua paket Lite plus sistem operasi yang lengkap dan mudah diinstall dengan integrasi desktop, client server Internet, dan Intranet. Paket ketiga menyediakan semua paket Base plus komponen high-end dan beberapa perangkat lunak komersial.

call
Perintah untuk mengerjakan sebuah prosedur atau subrutin dimanapun perintah ini diletakkan, mengambil beberapa kondisi masukan yang dibutuhkan dan memberikan hasil, kemudian kembali ke program pemanggil.

call in
Perintah untuk memindah kontrol dari program utama ke subrutin secara sementara untuk tujuan tertentu.

catalog
Perintah dalam DOS untuk menampilkan daftar file yang berada dalam sebuah disk.

carrier
Sinyal yang dibaca modem ketika modem sedang berada pada akhir tugas membaca dari jalur lain namun tidak sedang melakukan transmisi.

CC (carbon copy)
Alamat yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat yang dituju utama.

CCIT (Comite Consultatif Internationale de Telegraphique et Telephonique)
Sebuah organisasi tingkat dunia yang bertugas menentukan standar-standar di bidang komunikasi.

CCIT Recommendations
Rekomendasi yang diberikan oleh CCIT untuk penggunaan alat-alat pendukung komunikasi, misalnya jenis protokol komunikasi, metode modulasi modem, dan lain-lain.

CD (carrier detect)
Status modem jika sedang terhubung dengan modem lain.

CD (compact disc)
Suatu piringan optik yang diisi dengan pengkodean laser, didisain untuk menyimpan sejumlah besar data. Ada banyak format CD yang tersedia untuk penggunaan bagi komputer.

CD Drive (Drive CD)
Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical) dan WORM (Write Once Read Many).

CD ROM (compact disc read only memory)
Compact Disk yang tidak bisa dipakai untuk menulis ulang (dihapus atau ditambah); digunakan dalam penyimpanan data komputer.

CD RW
Sebuah Compact Disk yang selain dapat dipakai untuk dibaca juga dapat digunakan untuk menyimpan data dengan menulisnya menggunakan CD-RW Drive.

CD RW Drive
Alat pembaca Compact Disc yang digunakan untuk mengisi data ke CD RW.

CD title
Compact Disc yang berisi program-program komputer.

CDMA (code division multiple access)
Teknologi interface spread spectrum udara yang digunakan pada beberapa ponsel dan jaringan wireless lainnya.

cell
1.     Istilah dalam program pengolah kata dan pemrograman untuk menggambarkan pertemuan antara baris dan kolom.
2.     Satuan standar penyimpanan dalam memori.

cell pointer
Dalam Microsoft Excell berarti tanda di atas layar monitor yang menunjukkan karakter selanjutnya diletakkan.

chat
Layanan percakapan online yang biasa digunakan pengguna Internet untuk berbicara dengan pengguna lain. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini biasanya bisa melalui sebuah situs atau dengan meng-install sebuah aplikasi khusus untuk ber-chat-ria. Biasanya layanan ini digunakan untuk ajang kenalan, mencari teman baru, hingga menjadi solusi komunikasi yang murah dan mudah.

CHDIR
Perintah untuk pindah atau mengaktifkan direktori dalam lingkungan sistem operasi DOS. Penulisan perintah ini sering disingkat dengan “cd” diikuti nama direktori tujuan.

check point
Status yang menunjukkan panjangnya suatu program berlangsung yang umumnya akan disimpan setiap beberapa waktu sekali.

check register
Register yang bertugas memeriksa keakuratan proses pengiriman dengan cara membandingkan pengiriman pertama dan pengiriman kedua sebuah data yang sama.

Chip
Bit kecil dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit) atau sebutan untuk IC itu sendiri.

Chipset
Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor anda. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi lainnya.

ChkDSK
Program untuk mengecek keadaan dan isi dari sebuah disk dalam sistem operasi DOS. Sebelumnya harus memiliki file CHKDSK.EXE dahulu.

client
Sebutan untuk mengatur komputer dalam jaringan (node/simpul) yang mengambil data/informasi dari komputer lain (server).

clip art
Koleksi gambar dan animasi yang bisa langsung dimasukkan ke aplikasi office.

clipboard
Alokasi tempat dalam memori yang disediakan sistem operasi Windows sebagai tempat penampungan sementara teks/obyek yang dikenai operasi penyalinan atau pemindahan (operasi copy dan cut).

command
Sebutan untuk kata-kata yang meminta komputer melaksanakan sesuatu tugas.

command control block (CCB)
Suatu kendali blok untuk jenis LAN IBM, CCB dapat digunakan untuk menanyakan fungsi yang didefinisikan oleh Direct Interface.

command file
File yang berisi program atau sejumlah instruksi untuk pelaksanaan beberapa perintah DOS.

command level
Tingkat kemampuan seseorang untuk memberikan perintah dalam pengendalian sistem komputer.

comments
Catatan atau komentar yang diletakkan programmer diantara perintah/kode program yang ditulis. Catatan atau komentar tersebut akan diabaikan oleh komputer ketika proses kompilasi. Fungsinya sekedar membuat program mudah dimengerti.

commission
Komisi yang diberikan merchant. Setiap merchant memberikan komisi yang berbeda-beda, ada persentase dari penjualan yang terjadi via site, CPC, CPL, dan lain-lain.

communication architecture
Rancang bangun suatu hardware atau software yang menerapkan fungsi-fungsi komunikasi.

communication channel
Media yang akan dilalui data/informasi pada proses transmisi dalam suatu sistem komunikasi.

communication line
Penghubung fisik antar terminal-terminal ke sebuah unit pengendali komunikasi dan menghubungkan satu unit pengendali komunikasi dengan yang lainnya.

communication network
Sejumlah unit fungsional yang saling dihubungkan dan memungkinkan unit-unit dalam jaringan saling berkomunikasi, tukar menukar data dan informasi.

comparator 
Komponen elektronik yang bertugas membandingkan dua nilai kemudian memberikan hasilnya, mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil.

compare
Perintah dalam komputer yang secara efektif membandingkan dua hal dan menentukan yang lebih besar diantaranya.

compatible
Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan. Misalnya IBM compatible berarti dapat bekerja seperti komputer IBM.

compatible communication architecture (CCA)
Protokol yang dipakai untuk mentransfer data asynchronous melalui jaringan X-25.

compiler
Program yang menerjemahkan serangkaian perintah ke dalam bahasa mesin. Sekali program dikompilasi, program tersebut dapat dijalankan sesering mungkin tanpa harus mengulang proses kompilasi, kecuali jika terjadi perubahan pada program sumber.

component
Istilah untuk menyebut bagian dari sistem komputer termasuk papan memori, papan sirkuit dan sebagainya.

compress
Proses pemampatan ukuran suatu file dengan jalan menghilangkan informasi-informasi ganda yang ada.

compressed
Kompresi, cara untuk membuat file lebih kecil dengan memperhatikan pola 1 dan 0 yang membentuk program.

computer
Alat bantu pemrosesan data secara elektronik dan cara pemrosesan datanya berdasarkan urutan instruksi atau program yang tersimpan dalam memori masing-masing komputer.

computer card
Sebuah papan sirkuit plug in yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan komputer.

computer graphics
Pengolahan data dan penyajian hasil dalam bentuk grafis/gambar, bisa berbentuk diagram (chart), gambar (image), foto, lukisan (paint). Alat bantu berupa mouse, scanner, light pen dan papan plot.

computerization
Pemakaian komputer sebagai alat bantu penyelesaian tugas sebagai pengganti penyelesaian pekerjaan secara manual.

cookie
Informasi dalam bentuk teks yang dipertukarkan oleh client dan server (yang membuat cookie ini adalah server). Di dalam cookie terdapat informasi nama server yang memberikan, path cookie, isi cookienya dan tanggal kadaluarsanya.

Cooltalk
Software untuk percakapan melalui Internet dan chatting yang ditawarkan oleh perusahaan Insoft, dengan fasilitas percakapan on-line, text chat, penjawab pesan, dll.

cooper distribute cata interface (CDI)
Model lain dari standar FDDI yang sengaja dirancang untuk kabel twisted pair.

coprocessor
Chip mikroprosessor yang secara khusus berfungsi membantu CPU menyelesaikan pengolahan data yang memakan waktu lama.

copy
Perintah untuk menyalin obyek, misalnya gambar, teks atau file ke dalam media penyimpan lain.

copy con
Perintah untuk membentuk sebuah file baru dalam lingkungan DOS.

cut
Menghilangkan sebuah obyek (teks atau gambar) dari layar monitor dan menyimpannya ke dalam clipboard.

cyber cafe
Istilah untuk menggambarkan area terbuka untuk semua pengguna dalam Internet.

database
Sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanipulasi oleh komputer sedemikian rupa.

Database Admnistrator
Orang yang bertugas untuk mendefinisikan pola struktur database, menentukan metode akses dan penyimpanan, berwenang memberikan ijin pengaksesan data pada pengguna, dan lain sebagainya.

database information utility
Layanan penyediaan informasi yang ditawarkan sebuah basis data jaringan sehingga pengguna jaringan bisa mendapatkan laporan informasi yang diinginkan.

database management
Pengelolaan data dalam suatu basis data, cara memasukkan data dalam database, memperbaharuinya dan menyajikan informasi dari data tersebut.

Database Manager
Orang yang bertanggungjawab mengawasi pengelolaan basis data. Tugasnya antara lain berintreraksi dengan file, memastikan backup data dan perbaikannya, menjaga keamanan data, dll.

Database User
Sebutan bagi para pengguna basis data. Terdapat bermacam-macam tingkatan pengguna basis data, yaitu specialised user, naïve user, casual user, dan application programmer.

database channel
Saluran dua arah yang menghubungkan alat masukan/keluaran dengan memori utama komputer sehingga mampu memproses lebih dari satu tugas.

database collection
Salah satu bidang operasi komunikasi data, yaitu kegiatan pengumpulan data dari beberapa tempat, kemudian disimpan dalam memori untuk diolah pada waktu tertentu. Misalnya aplikasi sistem penjualan.

Terminal komputer yang dirancang hanya dapat berinteraksi dengan satu sistem pengolahan data saja melalui saluran penghubung yang telah ditetapkan.

default
Hasil penyetelan tetap untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi.

default setting
Suatu parameter tetap pada program komputer atau peralatan yang selalu digunakan bila tidak dirubah oleh pengguna komputer.

Defense Data Network Information Centre (DDNIC)
Bertugas untuk menyediakan informasi dan dukungan bagi DDN, di samping juga mengatur admnistrasi root domain.

deference process
Proses pengawasan status transmisi dan penentuan dimulainya waktu pengiriman.

deep linking
Sejenis hyperlink dari satu Web site atau result page dari situs web yang berbeda. Banyak result page search engine yang menyediakan deep links ke sejumlah situs Web, karena pada index search engines biasanya berisi halaman dari berbagai situs web tersebut.

del
Tombol keyboard yang digunakan untuk menghapus karakter di sebelah kanan kursor atau beberapa baris teks yang telah diblok.

delay distortion
Pembelokan sinyal transmisi akibat propagation delay tidak berfungsi dengan semestinya.

delimeter
Sebuah variabel yang menjadi pembatas sehingga suatu perintah menjadi lebih spesifik.

Delphi
1.     Metode pengaksesan Internet yang menawarkan hampir semua layanan, sehingga menjadi metode yang sering dipakai pengguna Internet.
2.     Bahasa pemrograman under Windows yang diproduksi oleh Borland. Bahasa pemrograman ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman Pascal.

deltree
Perintah untuk menghapus suatu direktori atau subdirektori dalam DOS.

demodulation
Proses mengubah sinyal analog menjadi bentuk digital.

Denial of Service (DoS) attack
Istilah yang diberikan untuk upaya serangan dengan jalan menurunkan kinerja sebuah web site dengan terus menerus mengulang request ke server dari banyak sumber secara simultan. Serangan seperti ini bertujuan membuat server korban jadi kewalahan melayani request yang terkirim dan berakhir dengan menghentikan aktivitas atau berhenti dengan sendirinya karena tak mampu melayani request dan tidak dapat menyediakan pelayanan-pelayanan (denial of service).

dense wavelength division multiplexing (DWDM)
Keuntungan pengaplikasian DWDM : Untuk telekomunikasi jarak jauh, baik untuk sistem

DES (data encryption standard)
Metode pengacakan data dalam kode-kode standar untuk dikirimkan melalui suatu jaringan besar.

descenders
Sebutan untuk ekor di bawah pada huruf-huruf seperti j, p, q, g, y yang turun ke bawah garis. Tidak semua printer atau monitor memiliki sistem ini.

descending
Teknik pengurutan data dari yang terbesar sampai yang terkecil (z-a), (9-0).

desktop
Salah satu model kemasan komputer yang sengaja dirancang untuk ditempatkan di atas meja kerja.

Desktop Publishing (DTP)
Software yang digunakan untuk membuat dan mengatur format pada pencetakkan majalah dan buku secara mudah. Contoh software DTP adalah Ventura dan Pagemaker.

dial up terminal
Sebuah terminal pada saluran pemindah.

dialog box
Sebuah jendela (window) yang berisi beberapa pilihan untuk memilih suatu isian atau setting yang diinginkan pengguna.

differential encoding
Teknik pengkodean data pada sinyal digital, nilai biner ditentukan berdasarkan pada perubahan sinyal, bukan ditentukan oleh tingkat sinyal.

diffusion dithering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang sopan yah, hehehe.... ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...